Software

Internet Explorer Logo.png Salah satu cara yang dilakukan untuk mempercepat kerja browser dalam membuka suatu situs adalah dengan melakukan blok terhadap konten situs yang tidak diperlukan, salah satunya adalah iklan-iklan yang biasanya memenuhi beberapa bagian dari situs. Bagi pengguna browser Firefox Anda bisa menggunakan add-ons Ad-Block Plus yang sangat powerful dalam menghalau iklan dalam beragam bentuk dari banyak situs. Versi terbaru dari browser IE tidak disangka-sangka sebelumnya oleh banyak pengguna ternyata mampu melakukan blok terhadap iklan, dan pihak Microsoft sendiri tidak memberitahukan tentang adanya fitur yang sangat menarik ini. Lalu kenapa bisa begitu?

Anda pastinya tahu mengenai fitur baru di IE 8, yaitu “InPrivate”. Jika fitur ini diaktifkan (di IE8 tekan CTRL+SHIFT+F) maka browser tidak akan menyimpan berbagai informasi dan histori mengenai situs yang dikunjungi. Di browser lain juga sudah ada fitur ini, seperti Chrome dengan Incognito mode dan Firefox dengan Private browsing. Namun InPrivate di IE8 memiliki suatu keunggulan dibandingkan fitur sejenis di browser lain, yaitu adanya filter yang akan memblok konten yang berpotensi melakukan penyadapan informasi. Dan untungnya salah satu yang termasuk dicurigai adalah konten dalam bentuk iklan.

IE 8 InPrivate Browsing.jpg

InPrivate Filter bekerja secara cerdas, dimana jika telah diaktifkan fitur ini akan mempelajari aktifitas Anda saat menjelajah situs dan mendeteksi konten-konten yang ada di dalamnya, jika ada konten yang membahayakan privasi pengguna maka akan secara otomatis diblok. Untuk melakukan pengaturan fitur ini dengan membuka jendela Manage Addons melalui menu Tools. Di sana Anda bisa atur apakah proses blok dilakukan secara otomatis ataukah manual. Kemudian menentukan frekuensi sampai berapa jumlah situs berbeda yang memiliki konten dengan URL yang sama sebelum ditandai sebagai iklan (frekuensi awal adalah 10, maksudnya jika konten dengan URL yang sama ditemukan terdapat di minimal 10 jenis situs yang pernah Anda buka, maka konten tersebut akan ditandai). Konten yang ditandai akan masuk ke dalam daftar konten yang dicurigai dan bisa Anda tentukan apakah akan diblok atau tidak.

Fitur ini juga menyediakan fasilitas import file berisi daftar konten yang diblok, sehingga iklan akan terblok tanpa perlu mengandalkan fitur untuk mempelajari kebiasaan browsing. Tapi file tersebut haruslah dalam format XML. Memang untuk saat ini belum banyak yang membuat dalam format tersebut, tapi Anda bisa mencoba daftar iklan dari Petvas, salah satu anggota di situs Neowin -> Rules.xml.

Dengan adanya fitur ini IE8 menjadi browser pertama yang dilengkapi dengan fitur bawaan/ terintegrasi untuk memblok iklan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Tag

  • Nota Bene

    Orang yang paling tidak bahagia ialah mereka yang paling takut pada perubahan ~ Mognon Me Lauhlin

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: